Selasa, 01 Mei 2012

Ringkasan KKPI BAAB 1, 2, dan 3

MODUL 1 

MENGOLAH DATA APLIKASI


* Pemindai (bahasa Inggris: scanner) merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital

Terdapat beberapa jenis pemindai bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya, antara lain:
Di antara jenis-jenis pemindai tersebut, pemindai gambar adalah yang paling sering disebut sebagai pemindai.
Seperti halnya pada pemindai OMR, pemindai gambar juga dapat digunakan sebagai pemindai LJK. Agar hal tersebut dapat tercapai, dibutuhkan perangkat lunak dengan teknologi Digital Mark Reader (DMR).
Bila dikelompokkan berdasarkan cara memasukkan kertas, pemindai gambar terdiri atas 2 jenis, yaitu:

  1. Flatbed
    Pada pemindai gambar Flatbed, kertas diletakkan di atas kaca pemindai, kemudian lampu dan sensor pemindai akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya.
  2. Automatic Document Feeder (ADF)
    Pada pemindai gambar Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada baki/tray, lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut. Keunggulan pemindai Automatic Document Feeder (ADF) adalah:
    • kecepatannya tinggi, dapat mencapai > 10.000 lembar per jam
    • dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan
    • dengan imprinter, pemindai dapat memberikan tanda pada lembaran yang telah dipindai
    • sangat tepat dipasangkan dengan perangkat lunak berteknologi Digital Mark Reader serta untuk pengarsipan dan manajemen dokumen


    * Cara kerja scanner – pengertian scanner, fungsi scanner serta cara menggunakan scanner. Scanner adalah Merupakan alat duplikat yang diperkecil menyerupai mesin fotocopy,tetapi memiliki perbedaan yaitu fotocopy hasilnya juga langsung bisa anda lihat pada secarik kertas yang keluar dari mesin, sedangakan scaner hasilnya ditampilkan pada monitor PC atau Laptop anda terlebih dahulu yang kemudian baru dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan picture. Selain bentuk dan ukurannya yang bermacam macam, sekarang scaner mengeluarkan produk baru, yang dikeluarkan oleh WizCom Technologies Inc. Scaner yang berukuran pena ini berkapasitas simpanan hingga 1.000 halaman text cetak yang kemudian mentransfernya kepada PC anda. Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink.   Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII.

    Cara kerja Scanner :
    dimulai saat anda menekan tombol mouse untuk memulai scanning.
    1. Penekanan yang anda lakukan pada tombol mouse mengendalikan semua kecepatan mesin scaner anda. Mesin yang terletak pada mesin scaner anda mengarahkan dalam proses unting scanning yang sedang berlangsung. Kemudian proses pengiriman dilakukan oleh unit scanning ke tempat yang sesuai pada jalur  scanning. Untuk memulai proses scanning.
     2. Nyala lampu yang terlihat secara otomatis pada alat scan anda itu menandakan bahwa proses scanning sedang berlangsung saat itu.
  3. Ketika terlihat lampu scan yang menyala tadi sudah tidak aktif atau padam, artinya proses scanning yang berlangsung sudah selsai, dan hasilnya juga sudah langsung dapat anda lihat pada monitor PC anda.
  4. Apabila anda ingin merubah hasilnya anda bisa memakai software gratisan di internet seperti photoscape atau photoshop.

Scaner memiliki 2 perbedaan mendasar dalam hal memeriksa warna gambar.Tipe pertama dengan sekali melakukan scanning, scanner menyimpan seluruh warna yang terdeksi pada saat itu juga. Kemudian tipe kedua dengan tiga kali melakukan scanning untuk mengindeks beberapa warna.


Semoga artikel di atas mampu membantu anda yang ingin mengetahui tentang cara kerja scanner

* Menyimpan data hasil scanning :
  • Klik menu > save as
  • Maka akan muncul dialog box
  • Pilih lokasi yang diinginkan pada kotak Save In, tulis nama file yang diinginkan pada File Name
  • Pilih Format file sesuai pada bagian format
  • Klik Save
* Mencetak hasil scanning
  • Buka dokumen yang akan dicetak
  • Pilih file > print
  • Maka akan muncul dialog box ( Keterangan : Number of copies, untuk menentukan jumlah lembar yang akan dicetak ; Page range, untuk menentukan halaman yang akan dicetak)
  • Klik Properties, untuk mengubah kualitas pencetakan, ukuran kertas, orientasi pencetakan dan tipe pencetakn
  • Klik OK


MODUL 2

MELAKUKAN ENTRY DATA DENGAN OCR

OCR (Optical Character Recognition). Teknologi untuk mengubah image suatu dokumen hasil scan menjadi bentuk teks (misalnya ke dalam kode ASCII, yang dapat diedit dengan aplikasi pengolah kata.

* Langkah mensetting scanner dengan program OCR
  • Klik Start > Programs > Scansoft OmniPage Pro 11.0 > OmniPage Pro 11.0
  • Tempatkan dokumen yang akn di scan dengan posisi dokumen menghadap ke lensa dan diposisikan sudut kanan atas permukaan mesin scanner, pastikan bahwa mesin scanner dalam kondisi on
  • Klik menu Process -> Process setting
  • Hilangkan tanda cek (v) dari : Automatically Proofread in OCR
  • Klik OK

* Mengubah gambar hasil scan format jpg ke text word menggunakan software OCR gratis. Beberapa software OCR yang terkenal antara lain ABBYY FineReader, Omnipage Pro, Readiris and Presto OCR. Dari keempat software tersebut dari pengalaman saya yang memiliki kualitas konversi yang terbaik adalah ABBYY FineReader. Namun saya tidak akan membahas ke empat software tersebut, karena keempatnya adalah software komersial alias harus membeli jika ingin memakainya. Dalam bahasan kali ini saya akan mencoba membahas tentang software OmniPage SE (Special Edition). Software ini gratis anda dapatkan jika membeli Scanner Canon (bukan promosi yaaa), biasanya setiap membeli scanner maka akan mendapatkan software OCR di dalam CD Driver bawaan scanner yang dibeli. Sebagai gambaran buat teman-teman saya dulu membeli scanner Canon seri Canoscan 3000 ex (mungkin sekarang produknya diskontinyu). Saat ini sepertinya printer multifungsi (printer + scanner) printer yang dapat juga difungsikan jadi scanner lebih banyak beredar dibanding scanner biasa.


Untuk teman-teman yang terkadang punya makalah, buku atau majalah. Jika ingin mengetik atau membuat tulisan di word dengan mencuplik isi dari buku atau makalah tersebut, ada salah satu cara agar bisa lebih mudah mengkonversi tulisan di buku tersebut. yang harus anda lakukan adalah men-scan halaman buku tersebut, kemudian gunakan software OCR seperti Omnipage SE untuk mengkonversi atau mengubah hasil scan menjadi dokumen word yang bisa di edit.

Yang harus anda siapkan:
a. Scanner
b. Driver scanner (diinstal di komputer agar windows mengenali scanner)
c. Software OCR (misalnya: Omnipage SE) versi gratis dari Omnipage atau bonus bawaan scanner.

Prosedur mengubah hasil scan menjadi text yang bisa di edit di word :

1. Aktifkan scanner klik CanoScan Toolbox 4.1



2. Letakkan buku di atas scanner
Scan buku yang akan di konversi ke text (klik tombol Scan-1 atau Scan-2)



3. Atur image quality, (jika bukunya berisi teks atau gambar berwarna sebaiknya gunakan 300 dpi, jika bukunya hanya berisi teks/gambar hitam putih bisa pilih 150 dpi)
Klik tombol scan untuk memulai scan


4. Tunggu beberapa saat hingg selesai proses scanner, biasanya ada beberapa kotak dialog scanner seperti di bawah ini


5. Jika proses scanner sudah selesai akan muncul tampilan hasil scan di album photobase (program bawaan scanner)


6. Selanjutnya adalah proses mengkonversi atau mengubah gambar hasil scan menjadi text yang bisa diedit di word.

Catatan:
Jika anda tidak punya scanner anda bisa scan saja buku atau makalah ke tempat scan, kemudian minta file jpg dicopy ke flash disk anda. Selanjutnya dengan menggunakan software OCR untuk mengkonversi secara manual (di indowebster banyak yang sharing aplikasinya yang bisa anda download kemuadian instal di komputer anda)

Buka aplikasi Omnipage SE
Pilih manual OCR, pilih load file


7. Pilih file hasil scan, (anda bisa memilih banyak file sekaligus)
Pilih Open

8. Pada bagian Perform OCR, pilih Automatic


9. Setelah dikonversi ke dalam bentuk teks dokumen, pilih save as file

10. Anda bisa membuka file hasil konversi tersebut di word untuk mengedit teks, karena biasanya ada beberapa bagian teks yang tidak benar, tergantung pada kualitas warna buku yang anda scan, biasanya jika buku atau makalah yang telah beberapa kali di copy dan teksnya buram, maka hasilnya kurang baik. Jika buku yang belum pernah dikopi biasanya hasilnya bagus.

Driver download : http://support-sg.canon-asia.com
 

Catatan:
Selain Software OCR Omnipage SE , di internet saya menemukan software OCR gratis, namun belum pernah saya coba. Jika berminat mencobanya bisa download menggunakan lik berikut:

http://www.softpedia.com/progDownload/FreeOCR-Download-79759.html



Untuk mencari software OCR yang lain bisa menggunakan tools berikut google custom search (menggunakan keyword Omnipage).


 

MODUL 3

MENGOPERASIKAN PC DALAM JARINGAN

 * Jaringan Komputer adalah kumpulan beberapa komputer, printer dan atau peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan.
Printer atau periferal yangterhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.

* Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan jarak dibagi menjadi empat jenis, yaitu :
  • LAN (Local Area Network),  adalan sebuah jaringan kerja yang terdiri dari sejumlah komputer dan piranti peripheral yang saling tersambung untuk bertukari data, informasi dan penggunaan peralatan yang dibangun pada sebuah lokasi seperti di rumah ataupun gedung perkantoran yang mempunyai skala geograpis terbatas.
  • MAN (Metropolitan Area Network), adalah network dalam skala suatu kota, dapat mencxakup kantor-kantor prusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan ubtuk keperluan pribadi (swasta) atau umum.
  • WAN (Wide Area Network), adalah jaringan komputer yang mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua.
  • Internet (Interconnecting Networking),  yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio, link, satelit, dan lain-lain.
* Peralatan jaringan komputer
  • Server
  • Workstation
  • Network Card
  • Switch Hub 10/100 mbps dan access point
  • Kabel UTP
  • Soket RJ-45
* Mencek koneksi PC pada jaringan komputer
  1. Untuk melihet IP address sebuah PC dalam jaringan :
  • Klik Start > Run
  • Ketik CMD (utk Win XP) atau command (utk Win 98)
  • Klik OK 
  • ketik pada C prompt : ipconfig/all
  • Tekan Enter
Nb : jika untuk men-cek ketersambungan PC dalam jaringan, pada C prompt ketik : ping 192.168.20.29 (contoh) .
 
* Searching komputer dalam jaringan
  • Klik Start > Search
  • Klik  A computer on the network
  • Pilih  A computer on the network
  • Ketik nama komputer yang akan dicari, lalu klik search
* Pengertian device sharing dan manfaat
Device Sharing adalah suatu metode yang memanfaatkan peraltan pada suatu komputer oleh komputer lain.
Manfaat dari device sharing :
  • Memungkinkan satu peralatan (device) untuk digunakan oleh beberapa penggu na dalam sebuah network.
  • Memudahkan sseorang yang berada di sebuah kantor atau instansi yang mempunyai device untuk menggunakan suatu peralatan tanpa harus mencopot dari komputer satu dan memasang pada komputer lin.
  • Menghemat waktu dan biaya. 
Langkah mensharing sebuah folder, drive/harddisk, CD dan Floppy :
  • Klik kanan pada Start > Explore
  • Klik kanan pada Folder yang akan di shared > pilih Sharing and Security
  • Klik
  • Pada check box pilih : share this folder on the network
  • Klik OK
Men setting shared printer dan instalasi driver printer
- Shared printer
  • Klik Start > Contrl Panel > Doble klik Printers & Faxes
  • Klik kanan pada Printer yang akan di share, pilih Sharing
  • Klik Radio Button : Share this printer
  • Klik OK atau Enter
  • Printer yang disharing akan ditandai dengan telapak tangan.
- Instalasi driver printer
  • Klik Start > Control Panel > doble klik Printers & Faxes
  • Klik Add printer
  • Klik Next
  • Pilih Radio Button : A Network Printer, or a printr ...
  • Klik Next
  • Klik Radio Button : Browse for a printer
  • Klik Next
  • Gunakan scroll bar untuk memilih printer yang berada di dalam jaringan.
 

THE END

SEKIAN DAN TERIMAKASIH

^_^

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar